Kamis, 26 April 2018

10 Jenis Mata Pancing Standar yang Umum Digunakan Pemancing Ikan

10 Jenis Mata Pancing Standar yang Umum Digunakan Pemancing Ikan

Memancing merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan sebagian kalangan, khususnya adalah para pria di tengah waktu senggangnya, bukan tanpa alasan, melainkan karena olahraga yang satu ini memberikan banyak sekali manfaat, tak hanya membunuh waktu senggang, melainkan juga memberikan hasil berupa tangkapan tersebut. Nantinya Anda bisa melakukan kegiatan tersebut dengan menyiapkan beberapa perlengkapan wajib seperti diantaranya adalah pancingan, kemudian mata pancing, bank tempat ikan dan tak kalah penting adalah umpan.

Bisa dilakukan di berbagai macam tempat, mulai dari sungai. Laut atau yang lebih memilih aman bis datang ke kolam pemancingan, pastinya bisa mendapatkan ikan disana, meskipun memang harus membayar untuk masuknya. Memancing ini termasuk salah satu jenis aktivitas yang pada dasarnya ditujukan untuk melatih kesabaran. Bagaimana tidak jika memang Anda akan lebih banyak duduk dan juga diam, namun tentunya tetap dengan konsentrasi, bagi beberapa orang yang tidak sabaran mungkin akan sangat sulit melakukan olahraga yang satu ini.

Biasanya berbeda tempat memancing maka akan berbeda pula jenis ikan yang akan ditangkap, hal ini juga akan membuat mata pancing yang harus Anda pakai juga berbeda . Adapun sebelumnya jenis-jenis dari kail standard ini yang harus diketahui, agar tak salah dalam memilih, diantaranya adalah:

  1. Siwash hook, bentuknya terbilang cukup sederhana dan paling umum digunakan dalam memancing oleh masyarakat, karena memang tampilannya yang standard sehingga cocok dipakai untuk memancing di berbagai macam tempat untuk ikan-ikan kecil.
  2. Bait hook, jenis yang satu ini mirip dengan siwash, namun memiliki duri-duri khusus, biasanya digunakan untuk jenis ikan yang gesit atau sering kali melawan ketika sudah ditangkap layaknya lele.
  3. Aberdeen hooks, biasanya digunakan untuk memancing dengan umpan alami, ia di desain secara khusus dengan ukuran yang begitu panjang, namun dari bentuk lengkungan atau sejenisnya sebenarnya sama dengan kail yang lainnya.
  4. Circle hooks, sama seperti namanya bentuk kail ini memang sebuah lingkaran, bentuknya memang agak aneh dibandingkan dengan yang lainnya, namun justru inilah keistimewaannya sehingga membuat tangkapan tak bisa lari kembali ketika sudah memakan umpan.
  5. Octopus hooks, untuk jenis yang satu ini memiliki bentuk yang agak unik, yaitu dengan sedikit lengkungan, umumnya dapat dipakai untuk berbagai jenis teknik memancing, baik itu secara ngocer maupun dengan menggunakan umpan ikan hidup.
  6. Dropshot hooks, digunakan untuk jenis ikan palomar, dimana ukurannya yang melebar dan juga agak besar. Umpan yang dipasang umumnya juga memiliki ukuran yang besar untuk menangkap ikan tersebut.
  7. Warm hook, memancing khusus di tempat seperti rawa atau yang banyak pepohonan dan juga serabut akar membutuhkan jenis kail seperti warm hook ini sehingga tidak mudah menyangkut ketika dipakai.
  8. Jig hooks, biasanya dipakai untuk memancing ikan menggunakan teknik cashting, bentuknya memang unik dan lain daripada kain pada umumnya.
  9. Topwater jerkbaik hooks, model yang satu ini tidak dirancang dipakai untuk umpan biasa, melainkan hanya umpan tiruan dari bahan plastik yang banyak dijual di pasaran.
  10. Keeper hooks, model yang satu ini juga digunakan untuk memancing dengan menggunakan umpan ikan tiruan.
Model-model tersebut termasuk jenis yang standard dan paling banyak dipilih oleh masyarakat, untuk kebutuhan tertentu seperti memancing di laut dalam dan sejenisnya maka masih ada jenis mata pancing khusus yang dipakai.

0 komentar:

Posting Komentar