Jumat, 16 Februari 2018

Mengenal Jenis-jenis Bahan Baju Polos

Mengenal Jenis-jenis Bahan Baju Polos

Hampir setiap hari kita memakai kaos polos untuk beraktivitas. Baik untuk dijadikan kaos dalam atau tidak, baju polos memang salah satu jenis pakaian yang paling simpel dan nyaman dipakai. Lebih dari kaos polos ini sangat mudah dipadu-padankan dengan item lainnya.

Setiap orang pasti memiliki kaos polos ini, tapi sudah tahukah kita tentang jenis-jenis bahan kaos? Hmm, sepertinya belum banyak yang tahu kaos yang dipakai tersebut terbuat dari bahan apa. Untuk itu agar lebih mengenal seluk-beluk bahan kaos, mari kita simak ulasan di bawah ini.

Bahan polyester

Bahan ini adalah bahan serat sintetis dan dibuat dari bahan ester. Bahan ester itu sendiri merupakan hasil sampingan minyak bumi yang kemudian dimanfaatkan sebagai bahan serat fiberpoly. Meski dijual di pasaran, kaos jenis ini cenderung tipis, tidak dapat menyerap keringat dengan baik, dan sedikit kasar. Alhasil pemakainya pun akan mudah merasa gerah saat mengenakannya.

Bahan TC (Teteron Cotton)

Seiring perkembangan jaman, banyak produsen yang mulai berinovasi dengan bahan-bahan kain yang ada. Tidak terkecuali bahan katun ini yang kemudian dicampurkan dengan bahan polyester sehingga menghasilkan jenis kain TC.

Jadi komposisi kain ini adalah 65 persen polyester dan 35 persen dari katun combed. Untuk kain TC ini mirip dengan jenis kain PE sehingga memiliki karakter yang tidak bisa menyerap keringat dengan baik jadi kita bisa merasa kepanasan ketika memakainya.

Kendati demikian kain jenis ini juga mempunyai kelebihan, yakni tidak mudah kusut atau melar sehingga tetap direkomendasikan untuk dipilih.

Bahan katun cardet

Berbeda dari katun combed, katun ini mempunyai serat benang yang tidak sehalus serat pada katun combed. Jadi untuk kain ini cenderung memiliki hasil yang kurang rata dan agak kasar.

Karena kekurangannya ini, katun cardet pun dipasarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Umumnya kain jenis ini dapat kita temui pada kaos-kaos pabrik, kaos olahraga hingga seragam buruh.

Bahan Hyget

Kain hyget ini memiliki sifat tipis karena dibuat dari plastik. Sesuai kualitasnya, kain ini dijual dengan harga relatif murah. Jadi jangan kaget jika kita membeli kaos dengan bahan hyget ini lalu dihadapkan pada harga yang cukup jauh di bawah katun combed.

Karena harganya yang murah, bahan-bahan ini sering dimanfaatkan untuk membuat kaos-kaos partai. Jadi dibuatnya dalam jumlah yang banyak tapi tidak memprioritaskan nilai fashion disana.

Bahan katun

Kaos yang banyak diburu adalah kaos berbahan katun combed 100%. Katun ini dibuat dari serat kapas alami. Katun ini mempunyai sifat dingin, halus, dan menyerap keringat jadi kita akan sangat nyaman saat memakainya. Ini membantu kita bersahabat dengan iklilm tropis di Indonesia. Lebih dari itu banyak yang jual kaos polos jenis ini, jadi kita tidak akan kesulitan mendapatkannya.

Bahan Viscose

Selama ini mungkin kita sudah sering mendengar adanya pakaian dengan bahan kain rayon. Nah, bahan kain rayon ini memiliki nama lain kain viscose. Karakter yang dimiliki kain ini mirip seperti kapas. Bahan ini umumnya dimanfaatkan untuk meningkatkan kecerahan warna kaos serta membuat serat sintesis lebih nyaman.

Nilai plus bahan viscose ialah seratnya memiliki ketahanan lebih tinggi terhadap kelembaban. Selain itu tingkat warna yang yang dimiliki lebih bagus dan lembut. Karena keunggulannya ini, baju polos dengan bahan viscose biasanya dijual dengan harga sedikit mahal sehingga jarang didapatkan di pasaran.

Demikianlah 6 jenis bahan kaos polos yang perlu kita ketahui. Setelah mengetahui jenis-jenis kain baju polos, tidak ada salahnya jika esok ketika membeli kaos di toko yang jual kaos polos kita memeriksa secara langsung bagaimana tampilan kaos dengan bahan-bahan di atas.


Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

0 komentar:

Posting Komentar